Posted by: An~Nur Hidayah | November 19, 2008

Pasti Ada hikmah di balik semua….

….فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا .إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا……

“…Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan…”.(al-insyirah:5-6)

potongan dari surat al-insyirah,dimana ayat ini sungguh menjadi penguat dan membuatku tersenyum kembali. karena sungguh aku merasakannya dalam kehidupan ku. mungkin sebenarnya kalo kita tengok ke belakang hari-hari, kejadian demi kejadian dalam hidup kita, pasti banyak yang menggambarkan keagungan dan makna dari ayat ini.

aku ingin sedikit bercerita, ada suatu hal yang amat berkesan bagiku. sebenarnya mungkin ini hal yang biasa, tapi kalo aku ingat saat itu aku benar-benar terpuruk.yaa.. jujur, tingkat iman ku masih labil.xixixi…sebelumnya aku menulis ini bukan untuk pamer atau sok alim. aku hanya ingin berbagi pengalaman, karena aku berharap ada yang menegur ku jika ini salah.

sedikit bagian dari pengalaman hidupku.

Ini terjadi waktu aku masih duduk d bangku SMK, seperti kurikulum yang ada. setiap semester 1 kelas 2, selalu diadakan praktek kerja lapangan, saat itu aku berharap aku d tempatkan d telkom surabaya. yaa..secara disana bagus (hehehe) n aku lebih dekat dengan kakakku yg cewek.

****

alhasil saat pengumuman penempatan, aku belum dapat tempat. yaa..secara aku orangnya nangisan, sampai asrama aku nangis, aku selalu berfikir kenapa ini?? kenapa Allah takdirin ini??. sedangkan di sisi lain teman2 ku yang satu asrama semua sudah d tempatkan Telkom Jombang. tiap hari aku bolak-balik ke sekolah untuk mengurusi ini dengan teman2 kelompokku.ya..secara kita satu kelompok semua beda asrama.hiks!! benar2 seperti pengangguran, gimana tidak? aku sudah tidak ada materi pembelajaran d kelas, karena hampir 1/2 anak kelas ku sudah berangkat PKL.

Setiap hari aku mondar-mandir asrama sekolah. dan selalu datang lebih awal, ya teman2 ku yg sekamar beda sekolah denganku. mereka sampai bilang aku penunggu kamar..hehe!! udah gitu ku tak tahan setiap ada yang tanya “kok belum berangkat PKL,an?”, selalu ku jawab dengan senyum sembari berkata “masih nunggu jawaban dari telkom.” (walau sebenernya aku benar sedih, rasanya ingin berteriak…kenapa Allah memberi semua ini???).  aku habis kan waktu ku untuk menunggu balasan surat dari Telkom di asrama, waktu itu aku lebih banyak diam, n d mushola bisa sampai berjam-jam. males aja kalo ketemu teman2…hehe.

singkat cerita..****

sekitar 1 bulan lebih akhirnya, kelompok ku d terima d Telkom Batu Malang. saat itu aku sadar segala tangis dan kesedihanku, di ganti Allah. tapi belum sampai disitu, aku d kantor telkom d hadapkan dengan seorang manager yang sangat tegas, agak galak (kadang2 sih) dan puncaknya aku dan 1 temanku d minta menambahkan aplikasi buat outbond dengan PHP. weks…padahal aku belum belajar itu. sudah gitu pembimbingku lebih sering ada d kandatel malang. benar2 lengkap!!hehehe…

Tapi aku yakin dengan temanku, dan guru2 ku yang selalu support kita.walau 1 minggu lebih, kita tidak melakukan apa2…xixixi, bingung mau mulai dari mana. alhasil di ceramahin habis2an ma managernya+ di ejek2 gitu. yaa..aku anggap latihan mental tar kalo kerja!! hohoho. akhirnya setelah ketemu pembimbing n konsultasi, Allah membukakan jalan pikiran kita ( kemana aja emang selama ini buu’?hee). hampir tiap hari aku telepon si pembimbing, tiap susah n benar mentok nggak bisa, telepon. dari situ ku benar2 jadi orang cerewet,tapiiiii… akhirnya tugasku terselesaikan!!hehe.trs …tahu nggak sih??

“sesudah kesulitan ada kemudahan”. yapz…pegawai telkom d Batu sayang banget ma kita, kalau kita lagi d marahin manager, mereka selalu menghibur. kita selalu solat berjama’ah, tiap minggu d ajak jalan2. pokoknya nyaman banget disana. udah gitu, pembimbing orangnya baik banget, udah pinter, bagus pula agamanya!!ciyeeee….. n selalu menasehati kita. rasanya kayak kakak sendiri, n kalo bapak2 atau ibu2 pegawai yang lain kayak orangtua sendiri. pokok’e sayang banget lah ma kita. sampai akhirnya kita sudah habis masa PKL nya…mereka mengadakan acara perpisahan juga!!

ada pelajaran berharga yg ku petik “manager n pembimbingku setiap kali adzan berkumandang, sesibuk apapun mereka pasti segera sholat!! , mereka juga sangat menghargai orang baru belajar, n cara mereka membentak atau memamrahi kami justru membuat kami makin semangat!!, ada juga yang selalu mengawali pekerjaan dengan basmalah!! “(yaa..secara hal2 itu cukup sulit d jumpai n jarang d perkantoran.heee)

**itulah ganti Allah setelah perjuangan ku n teman2 mencari2 tempat PKL, semua terasa mudah dan indah. dan yang jelas lagi. Allah beri terbaik buat kita, coz temen2 ku ce’ yg d surabaya, katanya pada dicuekin..hehe!peace!!.

*******************************

cerita lainnya, ketika kelas 3 saat masa-masa tryout. tryout 1,2,3 masih lancar. dan alhamdulillh masih urutan teratas. selanjutnya makin turun, walau aku berjuang keras n lebih giat belajar. tapi tetap saja begitu, dan puncaknya.tryout ke-1 atau ke-2 dari dekdiknas. waktu aku mengerjakan rasanya aku bisa, tapi tahu kah engkau hasil nya??? hampir 1 ruangan ku TIDAK LULUS, termasuk aku.

serasa dunia ini runtuh (weees..bahasane.hehe), aku hanya bisa meneteskan air mata. dalam hatiku berkata “kenapa Ya Allah?? aku sudah berusah semaksimal mungkin”. di tambah lagi, sikap guru2 ku yang beda kepadaku, bahkan ada beberapa temenku terutama anak cowok dengan terang2an dan d depan teman2 yang lain menghinaku. sampai aku sempat terkena gangguan kesehatan dikit, dan yang ku ingat lagi waktu d sambang kakakku yg cewek, aku nggak mau sekolah. sampai di antar, udah gitu waktu d pamitin d gerbang sekolah, aku menangis lagi. aku takut gagal lagi, yaa..itu tryout terakhir. bayang UAN menghantui ku terus.hoho…

sebelum itu, aku d keluarkan dari tempat PKL ke-2 dengan sedikit hinaan.hee…karena gagal.parahnya!! udah gitu d asrama, aku gagal masuk tes wisuda al-qur’an, disisi lain di kelas diniyah, paling susah buat baca kitab.xixixixi….saat itu ku hanya pasrah, tapi tetep berusaha semampuku. aku hanya minta terbaik kepada Allah, n aku percaya ada sebuah nikmat besar yg Allah berikan kepadaku nanti. fainnama’al ‘usri inna ma’al ‘usri yusro.

Yapz…happy ending in Darul”ulum.hehehehe…

hasil UAN ku, aku dapat nilai yg cukup memuaskan. dengan peingkat ke-2 sih!!!hehe, udah gitu setelah dengan perjuangan. aku dapat mengikuti wisuda alqur’an maupun diniyah.hehehe..padahal waktu masuk asrama tiap lihat acara haflah, aku hanya mimpi seperti mereka, karena aku fikir aku tak mungkin seperti mereka dengan kemapuanku sekarang.Selain itu, aku masih dapat tunjangan sisa beasiswa. aneh kn??udah keluar tapi beasiswa masih cair….qeqeqeq. alhamdulillah!!!

….فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا .إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا……(Thanks Allah!!!)

****

dan sekrang, 1 tahun berlalu sejak kelulusan ku. Allah mencarikan aku jalan yg lain. Tak seperti harapku, sedih,senang, mengeluh, menangis, lelah……tapi aku tetap percaya!! ada suatu rencana yang amat sangat indah buatku..walau aku tak tahu kapan smua kan berubah menjadi suatu yg indah. n keadaan ku tak sehebat teman2 ku . karena aku tahu “ALLAH LOVE ME SO MUCH”..(xixixi..PD ya aq, walau kadang ibadah masih d olor, ibadah sunnat nasih labil!!!ya..ini jg koreksi.hehe).

beberapa hikmahnya : aku bisa belajar hardware sendiri,aku dapat internet 24 jam,aku sekarang sering hang masalah coding.hiks3x!!!, aku pernah training orang dengan Bonek,aku pernah dapat uang sendiri, aku harus lebih belajar tentang ilmu iklas n sabar, n…….

aku belajar suatu saat aku akan hidup dengan seorang laki2, aku harus bisa memahami dy, memhami karakter orang, melakukan Prt. banyak… poko’e..(tapi kalian tahu???aku yakin Allah akan memberiku seorang pendamping yg amat sangat menyayangiku, memahami aku,menerimaku, menjadi imam yg baik buatku, membuatku selalu tersenyum begitu pula sebaliknya aku ke dy)

wee…kira2 sapa y??? siapapun dy..aku tiap hari doain dy kok. moga Allah selalu menjaga my soulmate(walau belum tahu sapa?hoho), menjaga iman, ihsan, islam, ibadahnya, diberi rizki yg barokah. Ya Robb jaga dy untukku..amin!!………………..xixixi!!! in my dream 8->


Responses

  1. …🙂 …, pengalaman yang panjang dan penuh likunya.. Masih tetap semangat khan…???

    Mudah-mudahan do’anya cepat tercapai… (amin)…🙂

  2. eh kata Hikmah dalam judul tu Hikmah siapa???

    Hikmah namae mbak mu ta???

    wakakakaka

    jawabku

    wakakaakak…dodolz!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: