Posted by: An~Nur Hidayah | August 27, 2008

Jangan Meniup Makanan/Minuman

assalamu’alaikum.wr.wb

kemarin saya sempat lihat2 blog milik teman saya,terus saya membaca salah satu postingannya berjudul “Larangan Meniup Makanan dan Minuman”, karena judul nya yg menarik saya pun membacanya. dan ada sebuah hadits yg menerangkan larangan tersebut :
Sebagaimana dalam Hadits Ibnu Abbas menuturkan “Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

saya sempat kaget,benarkah???hee…jujur saya belum tahu, n bukan berarti saya tidak percaya dengan sunnah. Tapi kan ada beberapa hadits itu yg sifatnya Dhaif bahkan Maudhu. karena saya belum bisa membedakan sifat-sifat hadits,saya pun menanyakan kepada teman saya yg ilmunya lebih banyak.so…yapz,bener hadits itu mang shohih, selain karena berdasarkan hadits juga dalam ilmu kesehatan itu tidak baik. Pada saat kita menghembuskan nafas pastinya kita akan mengeluarkan CO2 yaitu carbon dioxide, yang apabila bercampur dengan air H20, akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic. gt sich!!! saya kurang paham soal ilmu ini.hehehe..ada yg tahu maksud n akibat minuman acidic???

menurut saya, pokoknya tidak baik buat kesehatan (merugikan kesehatan).yapz, kita amalkan ja yuuk!!! oh ya, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas, hal ini juga dilarang, ternyata saya baru tahu sekarang hikmahnya, bahwa ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas.

semoga kita bisa mengamalkan lillahi ta’ala.aamiin!!! silahkan kasih komen dan kritik mungkin ada kata yg salah,coz sy juga masih perlu belajar banyak!! ^_^

wassalamu’alaikum


Leave a Reply

Categories

