Posted by: An~Nur Hidayah | August 17, 2008

Memaknai Sabar dan Ikhlas

Sabar, yapz sbuah kata yg pendek tapi mengandung makna yg dalam.mungkin bagi beberapa orang sabar adalah suatu hal yg biasa,tapi tahukan anda kalau kata “sabar” cukup sulit dan berat pelaksanaannya. Memang kata bijak bilang, tidak ada yang sulit selama kita mau berusaha dan ada kemauan. Kalau menurutku, sabar dalam arti sebenarnya cukup sulit saat ia berada dalam keadaan yg memojokkan kita.

itulah manusia ,”Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila dia ditimpa kesusahan, dia berkeluh kesah. Dan apabila dia mendapat kebaikan, dia amat kikir. (QS. al-Ma’ârij: 19-21)”. Mungkin bagi orang-orang yg bisa d bilang agamanya kuat atau sufi lah, “ya kita harus sabar dan memohon kepada Allah”. Tapi tidak semudah itu bagi orang2 awam, dimana ilmu agamanya tak setinggi mereka. Setiapa orang aku yakin selalu berusaha lebih baik terutama d mata Allah, selalu berusaha bersyukur atas segala yg ada. Karena apa pun yg terjadi pada kita,itu sudah di gariskan.

Yapz..aku selalu ingin belajar sabar dan ikhlas atas semua yg terjadi, karena sabar saja tak cukup kalau hati kita masih sering mengeluh. menurut ku Sabar dan Ikhlas itu cuukup sulit menerapkannya dalam hidup?? tanpa ada suatu keluhan kepada allah.

Saat kita berada dalam suatu keadaaan dimana kita harus menjalani hidup yg tak sesuai dgn keinginan atau harapan kita, saat kita harus mau tidak mau melakukan suatu hal yg kurang pas d hati kita (mksd saya dsn masih dlm hal2 kebaikkan), ketika semua yg kita kerjakan selalu di anggap salah di mata orang lain, bahkan selalu menyalahkan dan memojokkan kita.Yapz….aku yakin setiap orang dalam keadaan itu pasti ada rasa mengeluh. Menurutku sich, itu wajar karena tak ada manusia yg benar sempurna.

Hanya kita perlu ingat, semua yg terjadi atas rencana-Nya. yakinlah itu yg terbaik buatmu. sebagai hamba Allah kita harus selalu husnudzon.insya allah, d balik semua yg terjadi, semua yg mungkin menyakitkan buat kita, Allah punya suatu rencana yg indah, sebuah nikmat yg besar yg mungkin tak pernah terpikir oleh kita sebelumnya. entah itu kapan…bersabarlah dan ikhlas!!!

“Jgnlah kamu bersikap lemah, dan jgnlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah org2 yg paling tinggi darjatnya, jika kamu org2 yg beriman.” – Surah Al-Imran ayat 139

“Laa yukallifullahu nafsan illa wus’aha…” (QS al-Baqarah: 286), Allah tidak akan membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” – Surah Al-Baqarah ayat 216″

itulah sebagian dari firman allah, yg mungkin bisa jadi penguat bagi kita yg mungkin sedang di ujia oleh allah. Yapz..aku juga masih perlu banyak belajar menerapakn Sabar dan Ikhlas.Mungkin dari teman2 ada yg bisa membantu saya mengartikan dan menerapkan sabar dan ikhlas dalm hidup ini, so sy akan sangat berbahagia. jujur, dalam suatu kebaikan terasa sangat mudah dan ringan dengan adanya orang lain yg mendukung kita.

Terakhir,jika kau benar suntuk cobalah selalu beristighfar dalam hati,agar kita tidak lalai. selalu ucapkan dzikir dalam hati dan kembalikan smua kepada Allah karena kita hanya bisa berusaha dan berikhtiar saja. Kita juga harus koreksi diri, bagaimana ibadah kita? tepat waktu kah atau tidak? rutinkan kita baca Alqur’an? kesalahan apa yg mungkin kita tak sadari? dll. Hidup ini memang sangat keras, tapi selalu ingat Allah insya allah kau kan di mudahkan.aamiin…(satu hal yg ku ingat,semua membuat ku mengerti arti hidup sebenarnya dan membuatku untuk berfikir lebih dewasa dan bijaksana..smoga ya Robb!!)

nb: silahkan kasih komen dan kritik,krn sy juga msh perlu belajar banyak!!


Responses

  1. Assalamualaikum sebelumnya buat yang punya blog :)

    Aku setuju banget klo ikhlas dan sabar itu sangat sulit apalagi klo kita dihadapkan dalam pilihan tersulit dalam hidup…., kita harus sabar dan ikhlas untuk bisa memilih jalan terbaik dari hidup kita dan menerima akibat dari pilihan itu wlopun itu menyakitkan sekalipun…

    Loh ko jadi curhat… maaf yah!!!
    ========================================================
    jawabku:
    wa’alaikumsalam…
    yapz..makasih dah kunjungi blog sederhana ini. yaa..begitulah hidup,tak pernah bisa d tebak.smoga kita semua slalu d beri kesabaran dan keikhlasan..aamiin!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: